Kenapa Ilmu Hanya Dipendam Sendiri?

Jika ada sesuatu yang nilainya melebihi uang, maka itu adalah "ilmu". Ilmu itu sangat berharga nilainya dibandingkan denga saja uang, walaupun pastinya toh ada saja orang yang berasumsi bahwa uang adalah segalanya, tidak ada yang lebih penting atau lebih berharga dari uang, ada? pasti ada. Hm diluar sana ada banyak orang yang memperjual belikan ilmu, mungkin bukan memperjual belikan ilmu, namun dia memberikan ilmu atau mengajarkan ilmu yang ia miliki kepada seseorang dengan harapan mendapatkan imbalan berupa uang, karena memang butuh untuk mencukupi kehidupannya. Namun tidak semua orang mematok tarif untuk memberikan ilmu mereka, ada pula orang yang memang mengajarkan ilmu kepada orang lain dengan sukarela alias tidak mematok harga untuk ilmu tersebut, yaa kalau memang dia (orang yang diajarkan/diberikan ilmu) mau memberikan sebagian rezekinya ya amhamdulillah yaa kalau tidak yasudah tidak papa. 

Tapi tahukah anda mereka diatas itu sudah termasuk orang-orang dermawan yang sangat baik karena ada keinginan untuk membagikan ilmunya kepada orang lain, karena ada sebagian orang yang tidak ingin memberikan ilmunya kepada orang lain dengan alasan sebagi berikut.

1. Takut Tersaingi
via solusik.com
Namanya manusia pasti ada saja rasa takut akan tersaingi oleh muridnya sendiri, namun orang yang seperti ini bukanlah orang baik ketahuilah.


2. Tidak Bayar Tidak Dapat Ilmu
via bisfren.com
Tidak ada yang salah dengan mencari penghasilan dan keuntungan namun ada pula seseorang yang hanya ingin mengeruk uang dari ilmu yang ia miliki tanpa berharap ilmu yang ia miliki/dirinya itu berguna untuk orang lain, fikirannya hanya uang-uang dan uang saja.


3. Malas Dan Tidak Perdulian
via priangga.web.id
Tidak semua orang perduli dengan slogan "Berbagi itu indah". Diluar sana banyak sekali orang yang hanya memndam ilmunya tanpa ada keinginan untuk membagi ilmunya karena ia malas membagikannya.

Namun yang pastinya kita tahu pula bahwa tidak ada paksaan yang mewajibkan seseorang untuk membagikan ilmunya, karena hal tersebut diserahkan kembali kepada si pemilik ilmu, setiap orang punya alasan masing-masing pula untuk enggan memberikan dan membagikan ilmunnya entah apa itu. Yang pasti tidak ada yang salah dengan berbagi, toh mungkin ilmu yang kita bagikan tersebut kepada orang lain akan menolong kita dikemudian hari saat kita membutuhkannya dan itu pasti.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Ilmu Hanya Dipendam Sendiri?"

Post a Comment