Simak Caranya Agar Menghafal Jadi Lebih Mudah

Menghafal
via info-menarik.net
Untuk dapat menghafal dan memahami sebuah materi memang bukanlah merupakan perkara yang mudah, pasalnya memang setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam cepat atau lambatnya dia agar dapat menghafal dan memahami suatu materi, dan terlepas dari cepat atau lambatnya seseorang dalam menghafal ada juga hal yang yang setiap orang pasti berbeda beda dalam memilikinya yaitu masalah kuat atau tidaknya hafalan mereka. Memang benar mungkin "Ada orang yang memang dianugrahi kecerdasan tingkat tinggi yang membuatnya sangat cepat dalam menghafal dan memahami suatu materi. Dan ada juga orang yang dianugrahi kecerdasan yang pas pasan bahkan kurang maka mereka memerlukan usaha yang lebih keras untuk bisa menghafal dan memahami sebuah materi". Maka dari itulah ada beberapa tips nih agar anda yang memang kesulitan dalam menghafal dan memahami sebuah materi. Nih simak yuk tipsnya berikut ini...
  


1. Pastikan Anda Sedang Dalam Mood yang Baik
via oomph.co.id

Untuk memperbaiki mood anda yang memang sedang kacau, mungkin anda bisa melakukan sesuatu yang akan mengangkat mood anda, seperti mendengarkan musik yang menggugah semangat, menonton video-video yang lucu, atau menonton film mungkin, santai dan minum kopi mungkin atau apalah itu, yang penting bisa memperbaiki mood anda yang sedang kacau.


2. Singkirkan Semua Hal yang Mengganggu Anda Agar Dapat Intensif Dalam Menghafal
Singkirkan dahulu hal-hal yang memang akan menggangu proses belajar anda. Misal, matikan televisi, matikan radio dan terutama jauhkan smartphone dari diri anda dahulu, karena smartphone pastinya merupakan faktor utama yang menyebabkan terganggunya proses menghafal anda.


3. Catat Hal yang Penting Saja, Kemudian Buatlah Ringkasan Dengan Bahasa Sendiri
Sangat sulit dan bahkan sangat tidak mungkin jika anda menghafal semua kata-kata yang ada dimateri, maka dari itu cobalah biasakan dalam menghafal anda harus mencatat hal-hal yang penting dan setelah itu buatlah ringkasan atau rangkuman dari materi tersebut dengan kata-kata anda sendiri, karena menghafal kata-kata kita sendiri akan lebih membuat kita nyaman untuk menghafal dan mudah dalam mengingatnya.


4. Rekam Ringkasan yang Telah Dibuat dan Dengarkan Berulang-ulang
via health.detik.com
Setelah anda membuat sebuah ringkasan dengan kata-kata anda sendiri, maka ambilah smartphone anda dan buatlah rekaman ringkasan materi tersebut. Nah ini nih cara memakai smartphone yang baik dan bermanfaat. Setelah anda selesai merekamnya, coba deh anda dengarkan rekaman tersebut sambil dihafalkan, inshaAllah anda pasti dapat hafal dan memahami materi tersebut dengan mudahnya.


5. (Tambahan), Sebaiknya Kegiatan Menghafal dilakukan di Malam Hari
via waksz.com
Tidak tahu kenapa, dan apa alasannya yang menjadikan malam hari adalah waktu yang tepat untuk menghafal, karena memang beberapa yang saya tanyakan waktu yang tepat untuk menghafal dan belajar itu kapan? Mereka menjawab pada malam hari, saya pun seperti itu, pasalnya pada malam hari akan lebih mudah untuk menghafal mungkin karena ketenangan atau apalah, apsti ada sebabnya hehe. Dan usahakan di siang harinya ada cukup waktu untuk beristirahat walaupun hanya tidur siang selama 30 menit. Ingat bahwa dibeberapa perusahaan dijepang, karyawan mereka diberi waktu untuk tidur siang sekitar 30 menitan setiap harinya, yang bertujuan untuk menaikan produktifitas mereka.

Coba lakukan kelima rekomendasi dalam menghafal diatas, dan mudah-mudahan anda akan dapat dengan mudah menghafal suatu materi. Faktor yang tidak kalah penting lainnya adalah niat dan kemauan untuk menghafal. Jadi niatkan yahh.. Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Simak Caranya Agar Menghafal Jadi Lebih Mudah"

Post a Comment